PENGEMBANGAN WIRAUSAHA DODOL DI DESA SUKAJADI KECAMATAN RATU NUBAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Meilani Anggraini, Emy Khikmawati, Heri Wibowo, Marcelly Widya Wardana

Abstract


Kewirausahaan memiliki peranan yang angat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan produk barang yang dihasilkan. Kehidupan sosial ekonomi masyarakat di wilayah Desa Sukajadi Kecamatan Ratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah merupakan salah satu yang berkembang di Provinsi Lampung. Sektor ini sangat potensial untuk berkembang dengan dijalankannya sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) yang mudah dikelola dan tidak membutuhkan biaya yang besar dalam prosesnya. Salah satu UKM yang banyak dijumpai di wilayah ini adalah UKM yang memproduksi dan menjual berbagai jenis bahan makanan olahan dan kerupuk berbahan baku ubi dan singkong. Permasalahan yang paling mendasar adalah UKM di Desa Sukajadi belum memperhatikan aspek desain dan kemasan produk, sehingga UKM masih menjual hasil produk olahan singkong dengan cara tradisional (konvensional) dan belum memiliki ciri atau merk dagang (brand image) produknya. Oleh karena itu tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah menumbuhkan pola pikir dan pemahaman masyarakat setempat dalam berwirausaha pengembangan dodol untuk meningkatkan perekonomian dengan minat berwirausaha.

Keywords


Dodol, Singkong, Usaha Kecil Menengah, Wirausaha

References


Andi. (2015). 20 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Ekonomi. Diakses 15 Desember 2017 dari http://www.orangbejo.com/2015/12/20-pengertian- kewirausahaan-menurut.html.

Nuriyanti, W. Dan Kholisya, U. (2021). Sosialiassi Pengembangan Kewirausahaan Melalui Media Infografis Di Taman Kanak-kanak Islam Al A’raf Poltangan Jagakarsa Jakarta Selatan. Jurnal PKM : Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI, 5(1), 40-47.

Yohanna, L. Dan Sondari, E. (2019). Menumbuhkan Minat Berwirausaha Melalui Pelatihan Perancangan Model Bisnis Kanvas. Jurnal PKM : Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI, 2(1), 19-24.




DOI: https://doi.org/10.33024/jbmm.v2i1.6859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Meilani Anggraini, Emy khikmawati, Heri Wibowo, Marcelly Widya Wardana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Please fill up form http://bit.ly/3IoFh5X

Decision Letter of The rector-University of Malahayati No. 941.60.4.06.09.2021